Monday, August 20, 2012

Cara mudah mengukur Power Airsoft anda (FPS)



Dalam setiap games airsoft gun, selalu marshall/ panitia mengingatkan limit power airsoft yang akan digunakan bermain agar tidak melebihi yang sudah ditetapkan. Ada yang menetapkan max.450 FPS ada pula yang FREE FPS J

Untuk mengukur power tersebut dibutuhkan bantuan alat yang namanya Chronometer. Tapi sayangnya chronometer bisa dibeli dengan harga yang nggak murah.

Tapi beruntung, berkat kreativitas, ada satu cara murah & mudah untuk mengukur power airsoft anda.

Namanya POORMAN’S CHRONO… alias chrono-nya orang miskin…huehehe, agak2 sarkastis.

Caranya gampang banget, cukup sediakan 1 buah kaleng minuman berkarbonasi/soda. Nanti, bagian2 dari kaleng itu bisa digunakan. Caranya, anda tinggal tembak sisi kaleng dari jarak dekat. Setiap sisi kaleng punya ketebalan yang berbeda-beda. Makanya penting diperhatikan, sebaiknya belilah kaleng minuman soda yang sama merk & jenisnya.

Mengapa?

Karena beberapa pabrik kaleng memproduksi dengan ketebalan yang berbeda. Contoh, kaleng susu “Bear Brand” (duh, jadi menyebut merek nih) relatif lebih kuat ketimbang kaleng “POCARI”.

Saran saya, gunakan kaleng dengan merek Pocari/Coca Cola/Fanta (beuh…nyebut merek lagi)

Baik…kalo kaleng sudah di tangan anda, tinggal siapkan airsoft anda, lengkap dengan BB-nya. BB sebaiknya gunakan yang beratnya 0,2gr. Tidak pake BB metal, kaca, dan sejenisnya…cukup yang plastik saja.

Apa efeknya jika menggunakan BB dengan material yang berbeda & berat yang lebih besar? Efeknya adalah dampak kerusakan lebih besar. Pasti!

Para hadirin yang saya cintai, ada sebuah konsensus (kesepakatan tak tertulis) untuk setiap pengukuran power airsoft menggunakan BB plastic dengan berat 0,2 gr.

Aturan :
Dilarang mengubah bentuk kaleng. Misal, bagian sisinya didatarkan…ini jelas akan mengubah kekuatan
Gunakan BB plastic 0,2 gr
Gunakan pelindung mata, waspadai ricochet

Prosedurnya :
Pegang kaleng, jangan goyang2. Simpan jari di tempat yang aman, jauh dari jalur tembak (kalo jarinya masih ketembak, berarti anda ceroboh)
Arahkan muzzle (moncong) airsoft anda sejauh 3 cm
Silakan tembak
Kalo sudah perhatikan kondisi kaleng & cocokkan dengan tabel dibawah ini :

BOLONG 1 SISI(BB tertinggal di dalam kaleng)290 to 310 fpsPenggunaan BB dengan ukuran berbeda bisa jadi hasil berbeda. Berat BB akan berpengaruh terhadap hasil. BB 0,25gr kadang2 bisa tembus kaleng walaupun FPS rendah.
BOLONG 2 SISI(BB nembus 2 sisi kaleng)350 to 370fps
PANTAT KALENG (TENGAH)420 to 450fps
PANTAT KALENG (PINGGIR)450 to 480fps
ATAS KALENG (PINGGIR)480 to 510fps
ATAS KALENG (TENGAH)520 to 540fps

No comments:

Post a Comment