Monday, August 27, 2012

Tips Perawatan Airsoft bertenaga Gas

Cara penggunaan Airsoft yang bertenaga gas ( AGG : Airsoft Gas Gun)

1. Keluarkan mag dari airsoft dengan cara menekan mag release button,
2. Buka cover untuk isi gas ( bagi yang ada covernya ),
3. Isi gas dengan cara menekan perlahan ujung kaleng gas ke input valve di mag terbalik ( ujung pengisian kaleng gas mengahadap ke bawah dan input valve di mag menghadap ke atas), pastikan keduanya dalam posisi sejajar dan vertikal, waktu pengisian bergantung terhadap kapasitas mag. Mag handgun normal umumnya membutuhkan sekitar 3 detik ( green gas), sedangkan mag isi 50 biasanya sekitar 5-6 detik (green gas)
4. Isi BB kedalam mag dengan cara mengisikan satu-persatu ke dalam mag tanpa menarik per untuk BB di mag,
5. Setelah selesai masukkan kembali ke dalam airsoft dan kokang airsoft anda,
6. Airsoft anda telah siap untuk beraksi ( jangan lupa safety-nya ). 


Apa yang JANGAN DILAKUKAN saat menggunakan airsoft bertenaga gas:

7. Jika anda sedang mengisi mag dan gas mulai tumpah, HENTIKAN. Hangatkan mag pada suhu ruangan sebelum memulai kembali. Hal ini memakan waktu sekitar 5-6 menit.
8. Menekan tombol metal yang berada di atas / belakang mag untuk menghabiskan gas di mag. JANGAN LAKUKAN INI! Ini akan memakan seal lebih cepat dan menyebabkan O-Ring membeku / rusak permanen.
9. Cara yang lebih aman untuk menghabiskan gas adalah dengan menembakkan airsoft hingga gas habis.
10. Menggunakan airsoft di cuaca yang dingin, penggunaan airsoft gas di musim dingin tidak dianjurkan. Hal ini dapat mengakibatkan slide tidak akan men-cycle sempurna, airsoft tidak akan menembak sempurna, dan gas akan lebih cepat habis.
11. Menembak airsoft gas dengan cepat, hal ini menyebabkan airsoft menjadi dingin/ akan mengakibatkan rusaknya mag /airsoft.
12. Jangan menggunakan BB kualitas rendah, selalu gunakan BB dengan kualitas bagus. BB berkualitas rendah akan cenderung mengakibatkan macetnya BB di mag well.
13. Penggunaan BB 0.12g tidak disarankan untuk airsoft high-end, penggunaan BB ini dapat mengakibatkan kerusakan permanen.

Perawatan airsoft bertenaga gas:

1. Pastikan slide dan seluruh part yang bergerak dilumasi dengan SILICONE oil. Jangan gunakan yang lain, hanya 100% silicone oil sebab pelumas lain tidak aman untuk part dari plastik dan karet.
2. Jangan gunakan Hoppes #9, WD-40, dan pelumas lain sebab dapat merusak airsoft.
3. Pastikan juga untuk menyemprot silicone oil kedalam top nozzle mag setiap 5-6 kali mag digunakan. Hal ini dilakukan dengan cara menekan top releases valve ( kalau diindonesia-kan agak aneh he5) sambil menyemprot sedikit silicone oil ke top rubber exhaust valve. Ini akan membuat seal dan O-Ring terlumasi dengan baik.
4. Setelah penggunaan sisakan sedikit gas pada mag ( kira2 cukup untuk 2 - 3 tembakan), ini akan membuat O-Ring mag terlumasi dengan baik. Jangan disimpan saat mag penuh / kosong melompong
Gas yang direkomendasikan untuk airsoft bertenaga gas :

KWC: gunakan hanya HFC 22 atau Green Gas.
KSC/KWA: gunakan HFC134a gas, gunakan HFC 22 jika dilengkapi dengan metal slide.
Western Arms: Disarankan HFC 134a gas. Penggunaan gas lain ( seperti HFC22 ) akan merusak garansi.
KJW, Y&P, STTI, HFC, dan buatan Taiwan yang lain: Disarankan HFC22 atau Green Gas. Penggunaan HFC134a akan membuat airsoft kurang bertenaga.
Maruzen, Marui: Disarankan HFC 134a gas. Penggunaan gas lain ( seperti HFC22 ) akan merusak garansi.
Marushin: Disarankan HFC 134a gas. Penggunaan gas lain ( seperti HFC22 ) akan merusak garansi.
Tanaka: Disarankan HFC 134a gas. Penggunaan gas lain ( seperti HFC22 ) akan merusak garansi

No comments:

Post a Comment